Sabtu, 01 Juni 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                               :
Kelas/Semester                                    : VIII (Delapan)/Semester 2
Mata Pelajaran                                    : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)-Fisika

Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang, dan optik, serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya. 

Indikator
  •  Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari.
  •  Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran.
  • Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang tranversal..


Alokasi Waktu: 1 Jam Pelajaran  ( 1 kali pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu:
  •  Mendeskripsikan pengertian getaran dan gelombang.
  •  Mengukur dan menemukan hubungan antara frekuensi dan periode pada sebuaaah getara.
  •  Mendeskripsikan perbedaan gelombang longitudinal dan gelombang transversal.
  •  Menemukan besaran-besaran yang ada pada gelombang.
  •  Mendeskripsikan hubungan antara cepat rambat gelombang, frekuensi, dan panjang gelombang.
  •  Mengaitkan konsep gelombang dengan kehidupan sehari-hari.

B.     Materi Pembelajaran: Getaran dan Gelombang.



C.     Metode Pembalajaran:

1.      Model                       : -  Direct instruction
                                        -   Cooperative learning
2.      Metode                     : - Diskusi kelompok, pemberian tugas, informasi, dan eksperimen.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
1.      Pertemuan Pertama
a.      Pendahulua
·         Salam pembuka yang dilanjutkan dengan mengabsen siswa yang hadir.
·         Mengingatkan siswa tentang konsep gerak sebagai prasarat pengetahuan.\
·         Memotivasi siswa dengan cara menanyakan kepada siswa apa yang dimaksud dengan getaran dan berikan contonya? Kemudian  meminta salah satu siswa untuk menyebutkan contohnya.
·          Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan pertama secara singkat.
b.      Kegiatan Inti
  • Menyuruh siswa dengan teman sebangkunya untuk mendemonstrasikan mengenai getaran secara sederhana dengan menggunakan  penggaris plastik yang ditarik salah satu ujungnya dan dilepaskan.
  • Memberikan informasi dan penjelasan tentang kegiatan percobaan tentang getaran yang baru saja didemonstrasikan.
  •  Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif, kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS Getaran dan meminta siswa untuk bekerja secara cermat dan hati-hati sesuai dengan LKS.
  •  Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan percobaan untuk menentukan besarnya periode dan frekuensi serta perbedaannya sampai pada kesimpulan (dengan menggunakan bandul balistik, statif, tali, dan stopwatch).
  • Secara bergantian, kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
  •  Guru memodelkan cara menggunakan matematis sederhana untuk mengerjakan soal hubungan antara periode dan frekuensi
  •   Setiap kelompok diberikan soal dan dikerjakan dalam kelompoknya.
  •  Meminta salah satu kelompok untuk mengerjakan ke depan dan diberikan penguatan.
  • Memberikan penghargaan pada kelompok-koelompok yang kinerjanya bagus.
  •   Mengkonfirmasi tentang frekuensi, perida, hubungan antara frekuensi dan periode.
  • Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan apa yang masih kurang jelas dan kurang dipahami.

c.       Penutup
  •  Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran, sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  •  Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan.
  •  Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal  tentang getaran, periode, dan frekuensi sebagai Pekerjaan Rumah (PR).


E.     Sumber Belajar
                                                           
Kanginan, Marthen. 2006. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Prasodjo, Budi.dkk. 2010. FISIKA SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudistira.
Suartini, Kinkin. 2010. Rangkuman Fisika SMP. Jakarta: Gagas Media.
 LKS.
 Alat-alat Praktikum.
 Buku referensi lain yang berkaitan.

F.      Penilaian Hasil Belajar
         a. Teknik Penilaian
-    Tes tertulis
-    Tes unjuk kerja

         b.Bentuk Instrumen
-    Isian dan pilihan ganda
-    Uji petik kerja prossedur dan produk

         c. Contoh Instrumen
-    Instrumen tes isian:
Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatnya disebut gelombang………..
Kunci: Tranversal
Skor = 1
-    Contoh tes pilihan ganda:
Sebuah garpu tala bergetar dengan frekuensi 100 Hz. Berapa banyaknya getaran yang dapat dilakukan oleh garpu tala tersebut selama 1 menit?
               a. 3000 getaran
               b.4000 getaran
               c. 5000 getaran
               d. 6000 getaran.
               Kunci: d
               Skor = 3
            -    Uji petik kerja prossedur dan produk
              
Lakukan kegiatan untuk mencari periode getaran dengan menggunakan alat-alat sebagai berikut:
a.        Stopwatch
b.       Statif
c.        Tali
d.       Beban
e.        Pegas

Rubrik
NO
ASPEK
SKOR
1
Merangkai alat dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
4
3
Memperoleh data dari kegiatan
2
4
Membuat kesimpulan dengan benar
2
JUMLAH SKOR
10

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP                                            Guru Mata Pelajaran


…………………………                                      ………………………….
NIP:………….                                                     NIM :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar